Seri Belajar PHP – Mengenal dan Install PHP di Mesin Lokal

Pendahuluan

Mohon maaf sebelumnya jika bahasan pertama ini agak bertele-tele, di bagian pendahuluan dalam bahasan belajar PHP ini saya ingin memberikan selayang pandang tentang PHP agar teman-teman yang baru memulai dapat gambaran awal tentang PHP. Untuk teman-teman yang sudah tahu tentang PHP silahkan lewatkan bagian ini.Banyak tutorial belajar PHP di internet, baik dalam maupun luar negeri. Sebenarnya tulisan saya ini sangat sangat redundan, sampai saya kadang berfikir ngapain membuat lagi. Nah, untuk menjadi pembeda khusus tutorial PHP di Codepolitan ini saya ingin sekali menyampaikan semua tutorial sesuai dengan visi  PHP: The Right Way.

PHP The Right Way adalah referensi yang mengikuti standar pengkodean modern, dirumuskan oleh para praktisi populer di dunia PHP seperti  Phil Sturgeon, Josh Lock Hart, dan Kris Jordan.

Kemungkinan kedepannya ada pembahasan yang mirip dengan konten dalam situs PHP: The Right Way . Tapi disini saya akan berusaha membuat variasi pembeda yang mudah mudahan cocok untuk beberapa teman pembaca.

Pengertian PHP

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang populer. Nama PHP diambil dari singkatan yang bersifat rekursif, yaitu PHP Hypertext Prepocessor. PHP dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf dan teman-temannya pada tahun 1995. Tepat 3 tahun sebelum dot com bubble terjadi pada tahun 1998. Pada jaman tersebut pengembangan website juga lagi gencar gencar nya karena berbarengan dengan perkembangan bisnis berbasis internet yang cukup significant. Pada rentang tahun 1998 sampai 2000 an jutaan website lahir dan ini sangat berpengaruh dengan berkembangnya PHP.

PHP adalah bahasa pemrograman yang ditujukan untuk membuat aplikasi berbasis client server baik itu portal berita sampai sistem informasi. PHP merupakan bahasa interpreter, bukan compiler. Yang artinya source code PHP akan langsung diinterpretasikan dan menghasilkan output tanpa menghasilnya execution file terlebih dahulu. Bagi teman-teman yang terbiasa dengan bahasa compiler based seperti misalnya Visual Basic atau Pascal mungkin akan sedikit bingung. Tidak ada istilah compile dalam menjalankan source code PHP. Untuk mengeksekusi source code bisa langsung dari web browser ataupun command line interface.

Interpreter Interpreter Ilustration

Sampai saat ini (2016) PHP sudah mencapai PHP versi 7 atau lebih dikenal sebagai PHP7. Di versi ini banyak sekali perombakan pada mesin interpreter PHP sehingga bahasa ini mengalami kenaikan performance yang cukup significant. Hasil dari beberapa percobaan benchmark pun cukup memuaskan, cuma sayangnya belum semua server hosting support PHP7 . Banyak sistem berjalan juga masih mengandalkan API PHP5.

Wawasan PHP

PHP adalah bahasa pemrograman fenomenal menurut saya. Sudah banyak website ditelurkan menggunakan bahasa ini. Termasuk beberapa website terkenal seperti Facebook, Digg, Vk, dan Wikipedia. Penyebaran PHP secara meluas ini mungkin dikarenakan juga karena lahirnya CMS WordPress. CMS berbasis PHP ini banyak sekali dipakai orang untuk membuat website. Statistik dari managewp.com menunjukan bahwa instalasi WordPress telah mencapat 76 juta kali. Belum lagi ditambah CMS berbasis PHP lainnya yang tidak kalah bagus yang bisa kalian browse dengan kata kunci “PHP CMS”.Bukan cuma “menguasai” dunia CMS. Framework berbasis PHP juga berkembang sangat pesat. Banyak sekali PHP framework yang tersedia saat ini. Ribuan developer terlibat dalam pengembangannya. Berikut ini beberapa framework berbasis PHP yang ada saat ini :

Sebenarnya masih ada lagi framework berbasis PHP yang belum saya sebutkan. Daftar tersebut baru framework yang dibuka ke publik, belum lagi saya yakin perusahan baik lokal maupun luar memiliki framework nya sendiri sendiri yang tidak di share ke dunia luar. Bagi teman-teman pemula tidak usah pusing dulu dengan istilah framework dan kenapa harus belajar framework. Saya yakin pastinya beberapa framework yang disebutkan beberapa sering kalian dengar. Di kemudian hari mudah mudahan bisa kita bahas. Kuncinya jika kita ingin mempelajari tentang framework, pahamilah PHP sampai konsep OOP.Dari hasil pengamatan saya, sepertinya PHP juga menjadi mata kuliah pemrograman web di beberapa kampus swasta di Indonesia. Tidak heran hal ini membuat pengikut PHP makin banyak dari tahun ke tahun.

Instalasi PHP

Banyak cara belajar PHP . Teman-teman dapat belajar langsung di online course dengan kelengkapan online editor seperti CodeCademy, CodeShool, ataupun CodeSaya. Ada juga yang lebih suka belajar PHP dengan install langsung binary web server dan lainnya di lokal. Ada juga beberapa teman-teman yang melakukan virtualisasi di mesin lokalnya dengan memanfaatkan Vagrant .Mudah-mudahan semua cara dapat saya bahas di kemudian hari. Untuk tutorial installasi saya buat terpisah, silahkan kunjungi tautan berikut :

Semoga bermanfaat!

sumber: Seri Belajar PHP – Mengenal dan Install PHP di Mesin Lokal

Advertisements